• (024) 6723456
  • komputergrafis@stekom.ac.id
  • 08.00 s/d 20.45

ANIMASI YANG DIGUNAKAN DI INDUSTRI PASCA PRODUKSI

Animasi komputer adalah tren yang paling diminati di pasar saat ini setelah pekerjaan. Teknologi animasi semakin hari semakin sederhana karena berbagai perangkat lunak yang efektif dan ramah dan begitu juga peluang di bidang ini. Banyak lembaga yang menawarkan pelatihan dan mendapatkan penerimaan yang baik untuk kursus.

Teknik:

sebagian besar dilakukan dengan cara manual. Metode pertama adalah membuat bingkai kartun dan kemudian menggabungkannya menjadi sebuah film. Cara lain adalah dengan menggunakan model fisik. Di sini model-model ini ditempatkan dan sebuah gambar diambil. Demikian pula model fisik yang berbeda dipilih memiliki gambar yang diambil dan model dipindahkan secara bersamaan. Dengan demikian proses berlanjut.

Tapi hari ini semua metode di atas oleh animasi komputer. Dalam animasi ini dibuat dengan menggunakan software komputer dengan menggunakan komputer grafis. Dengan komputer grafis kita dapat membuat gambar bergerak dengan bantuan komputer. Baik dalam format 2D maupun 3D. Grafik komputer yang digunakan untuk menampilkan gambar dengan ukuran berapa pun di layar komputer yang tidak mungkin ditampilkan dalam kondisi normal. Untuk berbagai algoritma dan teknik ini digunakan untuk menghasilkan grafik keluaran komputer. Animasi menggerakkan kamera dengan cara yang lebih teknis mengikuti hukum fisika.

Perangkat lunak:

Animasi komputer dapat dibuat dengan bantuan komputer dan perangkat lunak. Cinema 4D, Poser, Amorphium dll adalah beberapa contoh perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan ini. Banyak produk pilihan perangkat lunak dapat diakses dan biayanya berbeda sesuai dengan kecanggihan proyek.

Animator menambahkan keterampilan kreatif dan kesempurnaan mereka dalam proyek mereka yang merupakan satu-satunya alasan untuk animasi yang bagus. Visi kreatif mereka memberikan keaktifan pada objek virtual yang tampak seperti nyata.

Bentuk Animasi:

Scripting System adalah metode tertua yang digunakan di mana animator menulis skrip dalam bahasa animasi

Animasi Perilaku: Ini juga mensimulasikan animasi prosedural di mana suatu objek berperilaku sesuai instruksi yang diberikan oleh animator.

Animasi prosedural: Ini adalah jenis animasi yang secara otomatis dihasilkan sebagai hasil dari tindakan lain.

Animasi yang digunakan komputer di berbagai bidang seperti film, periklanan, permainan video, desain web, dll. Industri ini mendapatkan popularitas dari beberapa tahun terakhir karena berbagai aplikasinya

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved