• (024) 6723456
  • komputergrafis@stekom.ac.id
  • 08.00 s/d 20.45

Teknik Pengujian adalah metode yang diterapkan untuk mengevaluasi suatu sistem atau komponen dengan tujuan untuk menemukan apakah memenuhi persyaratan yang diberikan. Pengujian suatu sistem membantu mengidentifikasi kesenjangan, kesalahan, atau segala jenis persyaratan yang hilang yang berbeda dari persyaratan sebenarnya. Teknik pengujian adalah praktik terbaik yang digunakan oleh tim pengujian untuk menilai perangkat lunak yang dikembangkan sehubungan dengan persyaratan yang diberikan. Teknik-teknik ini memastikan kualitas keseluruhan produk atau perangkat lunak termasuk kinerja, keamanan, pengalaman pelanggan, dan sebagainya. Artikel ini memberikan pembaca pemahaman dasar tentang teknik pengujian, jenis teknik pengujian, aplikasi, dan kelebihan dan kekurangan.

 

Apa itu Teknik Pengujian?

Sebuah buku yang ditulis oleh Kaner Bach Pettichordon tentang Teknik Pengujian menjelaskan bahwa pengujian adalah sistem five-fold untuk pengujian apa pun yang ingin dilakukan pengguna, diantaranya :

·         Penguji – Pengguna yang melakukan pengujian

·         Cakupan – Komponen apa yang dicakup

·         Potensi masalah – Alasan pengujian, adalah untuk menemukan kesalahan?

·         Aktivitas – Cara Anda menguji atau cara Anda menguji

·         Evaluasi – Bandingkan hasilnya untuk mengetahui apakah tes tersebut berhasil atau tidak

Semua jenis pengujian melibatkan lima dimensi di atas. Teknik pengujian memungkinkan pengguna untuk fokus pada satu atau lebih dimensi untuk mencapai hasil.

 

Jenis Teknik Pengujian

Berdasarkan persyaratan perangkat lunak, teknik pengujian yang sesuai digunakan. Setiap teknik pengujian menawarkan berbagai fitur dan manfaat untuk melayani tujuan dengan lebih baik.

Meskipun ada beberapa jenis teknik pengujian yang tersedia, kami akan fokus pada pengujian kotak hitam dan pengujian kotak putih.

 

Pengujian Kotak Hitam

Pengujian black box adalah jenis pengujian perangkat lunak, yang memeriksa fungsionalitas perangkat lunak atau aplikasi tanpa mengetahui desain, komponen internal, atau struktur aplikasi yang akan diuji. Ini juga disebut sebagai pengujian berbasis Spesifikasi.

Metode pengujian kotak hitam terutama digunakan untuk menemukan fungsi yang hilang, kesalahan kinerja, kesalahan inisialisasi, dan kesalahan saat mengakses database eksternal.

 

Teknik pengujian pengujian kotak hitam meliputi :

?

Equivalence Partitioning – Dalam Equivalence Partitioning , input data dari aplikasi yang akan diuji ke dalam partisi yang sama. Teknik ini memastikan untuk menutupi setiap partisi setidaknya sekali.

?

Analisis Nilai Batas – Dalam analisis nilai batas adalah teknik yang digunakan di mana pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan nilai batas.

?

Grafik Sebab-Akibat – Dalam jenis teknik pengujian ini, penyebab adalah input dari suatu program dan efek sebagai output dari program tersebut. Di sini, representasi grafis digunakan untuk menunjukkan hubungan antara input dan output dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil

?

Kesalahan Menebak – Metode pengujian tebakan kesalahan menggunakan keterampilan dan pengalaman penguji untuk mendeteksi kesalahan ketika alat gagal dilakukan.

?

Pengujian Semua-pasangan – Dalam pendekatan ini, perangkat lunak diuji menggunakan metode kombinatorial untuk menguji semua kemungkinan kombinasi diskrit dari parameter yang terlibat.

 

Pengujian Kotak Putih

Pengujian kotak putih adalah metode pengujian perangkat lunak yang menguji struktur pemrograman internal suatu aplikasi. Jenis teknik pengujian ini dikenal sebagai pengujian kotak yang jelas, pengujian kotak terbuka, pengujian struktural, dan pengujian kotak transparan. Operasinya berlawanan dengan pengujian kotak hitam dan digunakan pada tingkat unit, integrasi, dan sistem dari proses pengujian. Teknik pengujian white box testing meliputi:

?

Cakupan Pernyataan – Dalam teknik ini, semua pernyataan pemrograman diterapkan dengan jumlah tes minimal.

?

Cakupan Cabang – Dalam jenis teknik ini, semua cabang harus diuji dengan menjalankannya secara berurutan.

?

Cakupan Jalur – Semua jalur termasuk pernyataan dan cabang diuji menggunakan teknik ini.

 

Jenis Teknik Pengujian Perangkat Lunak

Pengujian perangkat lunak adalah metode yang digunakan untuk memastikan bahwa aplikasi perangkat lunak diuji untuk bug perangkat lunak dan juga memeriksa apakah perangkat lunak yang dikembangkan memenuhi persyaratan khusus untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Teknik pengujian perangkat lunak diklasifikasikan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

 

 


Jenis Pengujian Perangkat Lunak

 

Pengujian Fungsional

Pengujian fungsional adalah pendekatan yang digunakan untuk memverifikasi setiap fungsionalitas perangkat lunak dan setiap fungsi memenuhi persyaratan yang diberikan. Pengujian fungsional dibagi menjadi empat jenis:

 

Pengujian Unit

Dalam pengujian unit, setiap komponen atau unit individu perangkat lunak harus diuji. Tujuan dari pengujian unit adalah untuk memeriksa struktur data internal, logika, kondisi batas untuk data input dan output sesuai desain.

 

Tes integrasi

Dalam pengujian integrasi, unit individu diintegrasikan dan diuji untuk memahami apakah komponen terintegrasi bekerja secara efisien.

 

Pengujian Sistem

Tujuan pengujian sistem adalah untuk memverifikasi bahwa semua elemen sistem diuji dan fungsi serta kinerjanya secara keseluruhan sesuai dengan persyaratan khusus. Dalam pendekatan ini, komponen perangkat keras dan perangkat lunak sistem terintegrasi dan diuji secara keseluruhan.

 

Ujian penerimaan

Apakah perangkat lunak yang dikembangkan siap untuk dikirim? Jenis pengujian ini membantu mengidentifikasi apakah aplikasi siap dikirim dan memenuhi persyaratan bisnis. Pengujian alfa dan pengujian Beta adalah dua jenis pengujian penerimaan.

 

Pengujian Non-fungsional

Atribut non-fungsional perangkat lunak seperti kinerja, kegunaan, keamanan, keandalan, dan kualitas diuji dalam jenis pengujian non-fungsional. Kualitas dan kinerja perangkat lunak dapat ditingkatkan dengan pengujian non-fungsional. Berbagai jenis pengujian non-fungsional meliputi:

 

Pengujian kinerja

Pengujian kinerja dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi perangkat lunak harus mampu menangani beban kerja dengan baik dengan peningkatan kinerja. Ada empat jenis pengujian kinerja, yang meliputi pengujian beban, pengujian tegangan, pengujian daya tahan, pengujian lonjakan.

 

Pengujian keamanan

Pakar keamanan menggunakan tingkat keamanan pengujian untuk memastikan bahwa sistem dan aplikasi dilindungi dari semua jenis celah. Pengujian ini memberikan keamanan pada aplikasi dan melindungi hilangnya informasi.

 

Pengujian kegunaan

Pengujian kegunaan memeriksa kegunaan dan keramahan pengguna perangkat lunak. Tes ini dilakukan untuk menentukan apakah perangkat lunak itu mulus untuk digunakan oleh pengguna mana pun.

 

Pengujian kompatibilitas

Pada tingkat pengujian ini, kompatibilitas perangkat lunak diuji untuk sistem operasi yang berbeda , browser internet, dan sebagainya. Seperti aplikasi Android diperiksa apakah kompatibel dengan berbagai versi OS Android.

 

Keuntungan dan Kerugian Teknik Pengujian

Pengujian perangkat lunak adalah alat unggulan dan memiliki peran penting dalam bisnis saat ini. Beberapa keuntungan utama adalah

·         Sangat efisien

·         Kualitas

·         memuaskan pelanggan

·         Produk bagus, pendapatan bagus

·         Pengalaman pengguna

·         Pengoptimalan bisnis

Beberapa kelemahannya adalah:

·         Komunikasi dan koordinasi yang tepat dengan penguji

·         Persaingan di antara penyedia layanan serupa

·         Kurangnya tenaga profesional yang berpengalaman

·         Menemukan penyedia layanan yang tepat

 

F A Q

?

Cakupan pernyataan dan cakupan cabang adalah jenis teknik pengujian yang mana?

 

Pengujian kotak putih

?

Apa itu pengujian unit?

 

Dalam pengujian unit, setiap komponen atau unit individu perangkat lunak harus diuji

?

Analisis nilai batas dapat ditemukan di jenis pengujian apa?

 

Pengujian kotak hitam

?

Jenis pengujian mana yang menggabungkan dan menguji unit individu?

 

Tes integrasi

?

Pengujian atribut seperti kinerja, kegunaan, keamanan, keandalan, dan kualitas dilakukan di jenis pengujian apa?

 

Jenis pengujian non-fungsional

?

Apa itu pengujian beta?

 

Pengujian beta dilakukan oleh pelanggan, yang juga dikenal sebagai pengujian penerimaan eksternal

?

Pengujian beban adalah jenis teknik pengujian?

 

Pengujian kinerja

?

Apa itu pengujian sistem?

 

Dalam jenis pengujian ini, komponen perangkat keras dan perangkat lunak sistem terintegrasi dan diuji secara keseluruhan.

Dengan demikian, artikel ini menjelaskan tujuan utama dari teknik pengujian di perusahaan perangkat lunak adalah untuk merilis produk yang bebas cacat dan bebas kesalahan yang membawa hasil yang baik. Artikel ini membahas jenis-jenis teknik yang digunakan untuk mengembangkan produk yang berkualitas, yang meliputi jenis kotak hitam, kotak putih, dan pengujian perangkat lunak . Informasi berharga tentang teknik pengujian membantu pembaca untuk memahami secara mendalam tentang berbagai teknik pengujian.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved