• (024) 6723456
  • komputergrafis@stekom.ac.id

DESAIN MASKOT UNTUK INTERAKSI UI

DESAIN MASKOT UNTUK INTERAKSI UI

Bekerja di atas produk interaktif apa pun, desainer harus menemukan cara komunikasi yang sesuai dengan harapan pengguna dan akan membantu interaksi yang efektif. Dalam banyak kasus, cara komunikasi ini disajikan dengan maskot: gambar, biasanya dipersonifikasikan, yang dalam banyak kasus mewakili identitas merek, produk, atau layanan dan karena itu menjadi konvensi simbolisnya melalui semua aplikasi atau situs web serta item bermerek dan aktivitas promosi.

Praktik bisnis perusahaan yang sukses menunjukkan bahwa maskot yang dirancang dengan cermat dalam beberapa kasus dapat bekerja lebih baik daripada dukungan produk dengan bantuan orang terkenal. Maskot dapat mencerminkan sifat karakter apa pun, mengikuti gaya apa pun yang diperlukan untuk pemosisian produk, dan berkomunikasi dengan pelanggan melalui serangkaian teknik visual yang luas. Mereka mendorong batas personifikasi dan memberikan kesempatan untuk membuat kombinasi elemen yang tidak terduga atau membuat karakter yang fantastis dan tidak ada menjadi hidup.

PERSYARATAN UNTUK MASKOT

Maskot memainkan peran penting dalam perspektif interkoneksi antara pengguna dan produk. Terintegrasi ke dalam antarmuka, maskot menjadi elemen inti komunikasi dan interaksi, oleh karena itu di negara bagian yang berbeda, maskot dapat menjadi cara dasar untuk menyampaikan pesan kepada pengguna.



KEUNTUNGAN DASAR PENERAPAN MASKOT SEBAGAI BAGIAN DARI DESAIN UI MELIPUTI:

Daya ingat.  Orang cenderung mengingat gambar substansial lebih cepat dan lebih lama daripada gambar abstrak, terutama karakter yang mencerminkan fitur mirip manusia.

Dapat dikenali.  Selama maskot lebih mudah diingat, juga lebih mudah untuk mengenali produk dan fitur-fiturnya di antara yang lain.

Penandaan visual. Maskot memungkinkan menandai secara visual apa pun yang berhubungan dengan produk menciptakan bidang tambahan untuk kegiatan promosi.

Personalisasi . Maskot adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan elemen komunikasi langsung dan perhatian pribadi kepada pengguna, yang biasanya mereka hargai.

Dukungan gaya . Maskot menjadi elemen yang sangat fleksibel dapat menjadi bagian sentral dari konsep gaya umum untuk produk.

Konsistensi . Maskot yang diterapkan di antarmuka pengguna dapat menjadi semacam konvensi dan mendukung persepsi umum dan harmonik dari seluruh antarmuka daripada kumpulan layar yang terpisah.

Pemicu emosi dan minat. Maskot adalah salah satu cara tercepat untuk menyediakan fitur umpan balik emosional kepada pengguna, membiarkan antarmuka berbicara dalam bahasa pengguna, dan karenanya membuat produk lebih berpusat pada pengguna.

Kepuasan estetika. Maskot sebagai objek pendekatan artistik yang canggih dapat menjadi fitur pendukung kebutuhan pengguna akan kesenangan estetis. Maskot yang tampak menyenangkan adalah alasan yang baik untuk membuat pilihan yang mendukung produk tertentu jika dibandingkan dengan yang memiliki fungsi yang sama tetapi dukungan grafis yang kurang menarik.

Perspektif jangka panjang dari pengembangan citra. Maskot yang dilakukan dengan benar biasanya menjadi elemen dari strategi branding jangka panjang dan mampu memenuhi berbagai kebutuhan yang diubah dan menyegarkan pengalaman penggunaan produk tanpa kehilangan kemampuan untuk dikenali.

Maskot yang efisien harus didasarkan pada penelitian pengguna yang menyeluruh, menganalisis kebutuhan, keinginan, dan harapan audiens target, dan juga studi yang penuh perhatian terhadap lingkungan pasar untuk mendukung tingkat orisinalitas yang sesuai sebagai dasar untuk solusi desain yang efektif. Oleh karena itu, maskot yang efisien harus:

·         mudah diingat

·         dikenali

·         asli

·         mewakili karakter yang konsisten

·         fleksibel untuk beradaptasi dan menyesuaikan

·         berlaku untuk beragam tugas

·         terlihat bagus dalam berbagai ukuran dan resolusi

·         harmonik gaya

·         hidup dan ramah pengguna.




Langkah pertama dalam membuat maskot adalah keputusan strategis yang penting tentang karakter di baliknya. Mempertimbangkan sifat aplikasi yang pada dasarnya adalah alarm dan ditujukan untuk digunakan setiap hari, maskot harus mencerminkan bagian utama dari fungsi ini dengan cepat dan efisien. Di sisi lain, perancang harus memperhitungkan tingkat persaingan yang tinggi di sektor ini: sudah ada banyak aplikasi alarm yang menggunakan pendekatan gaya yang beragam untuk menarik perhatian pengguna dan memenuhi kebutuhan mereka. Jadi, tugasnya adalah membuat maskot yang akan terlihat orisinal dalam hal persaingan yang ada dan pada saat yang sama mengirimkan pesan yang cepat dan jelas kepada pengguna tentang sifat aplikasi.

alasan lain yang memperkuat gagasan tentang maskot yang menghadirkan hewan yang mudah dikenali adalah bahwa aplikasi alarm didukung oleh paket stiker yang sangat besar. Mereka digunakan sebagai hadiah karena gigih: pengguna mendapatkannya karena bangun beberapa kali pada periode yang sama dalam sehari. Stiker lucu tersebut ditampilkan dengan gaya menghibur yang mendukung konsep desain umum dari keseluruhan aplikasi dan semuanya mewakili hewan yang dapat dikenali, sehingga maskot utama yang juga dipilih dalam arah ini disepakati sebagai lebih efektif dan harmonis daripada makhluk fantastis atau objek material yang dipersonifikasikan. 

FUNGSI MASKOT DI ANTARMUKA PENGGUNA

Kemunculan pertama Toonie di depan umum terjadi dalam teaser animasi pendek yang menampilkan logo dan nama merek aplikasi. Tentu saja, untuk penggoda, maskot itu ditampilkan dengan cepat hanya mengungkapkan beberapa fitur yang sangat umum.

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved