• (024) 6723456
  • komputergrafis@stekom.ac.id
  • 08.00 s/d 20.45

Apa itu Print on Demand?

Cetak sesuai permintaan adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan produk label putih, dengan desain Anda sendiri, untuk menjualnya berdasarkan pesanan.

Ini adalah cara alternatif untuk menghemat waktu dan investasi serta menghindari proses manajemen persediaan yang membosankan. Jadi, Anda dapat menyalurkan kreativitas Anda dan hanya menjual produk khusus Anda dengan biaya yang lebih murah.

Ada petunjuk penting yang perlu dievaluasi sebelum mendaftar untuk layanan cetak sesuai permintaan. Pada artikel ini, kita akan membicarakan pro dan kontra Print on demand, bagi desainer yang ingin mendirikan toko mereka sendiri di layanan POD.

Kelebihan POD:


1. Mudah diatur

Sebagian besar platform POD sangat mudah digunakan. Ini sebagian besar merupakan proses sederhana untuk mendaftar, membuat profil, dan mengunggah desain atau produk Anda. Ini bisa dilakukan dalam hitungan menit. 

Sementara beberapa situs menawarkan pengaturan gratis, beberapa membebankan biaya pendaftaran. Di sisi lain, situs seperti Merch by Amazon membutuhkan Anda untuk diterima dalam program POD untuk mulai menjual produk Anda. 

2. Persediaan minimal, tidak ada masalah pengemasan atau pengiriman

Salah satu keuntungan terbesar dari layanan cetak sesuai permintaan adalah model ini menghilangkan kelemahan terbesar dari masalah berbasis persediaan seperti biaya persediaan, pengeluaran, dll. Ini juga menghilangkan kemungkinan terjebak dengan barang dagangan ekstra yang tidak dapat Anda jual atau kehabisan persediaan karena barang dagangan masuk ke produksi setelah pesanan dilakukan.

3. Memungkinkan Anda untuk fokus pada keahlian Anda 

Karena sebagian besar teknis, logistik, dan produksi ditangani untuk Anda oleh layanan cetak sesuai permintaan, Anda dapat memiliki kebebasan untuk fokus pada keahlian Anda dan habiskan waktu Anda untuk memproduksi lebih banyak desain, dan produk yang ingin Anda jual. 

4. Sangat mudah untuk membangun merek Anda

Layanan print-on-demand berlabel putih, yang berarti Anda dapat menyesuaikan produk dan kemasan Anda dengan merek Anda sehingga ketika pelanggan Anda menerima pesanan mereka, tidak ada tanda-tanda layanan pihak ketiga. 

5. Tidak ada mesin yang dibutuhkan. Tidak ada kelebihan atau kekurangan stok

Fakta bahwa pihak ketiga menangani produksi untuk desain Anda, menghilangkan kebutuhan untuk memiliki mesin sendiri yang diperlukan untuk mencetak stok Anda sendiri. Bagian teknis dari proses pencetakan ditangani langsung oleh mitra POD Anda.

Kekurangan  POD

1. Margin keuntungan lebih rendah. 

Biaya barang untuk layanan pencetakan on-demand akan lebih tinggi dibandingkan dengan membeli grosir. Ini berarti bahwa margin keuntungan Anda akan lebih rendah.

Karena perusahaan percetakan sesuai permintaan menangani seluruh pengiriman, pengemasan, dan penjualan, mereka akan mengambil persentase keuntungan yang lebih besar, dan membayar Anda komisi untuk produk yang dijual. 

Artis dapat dibayar melalui persentase pada setiap penjualan, yaitu melalui royalti, atau markup dari biaya pokok produk, di mana artis dapat memilih untuk menyelesaikan harga eceran. Oleh karena itu, tergantung pada produknya, margin keuntungannya bisa sangat rendah. 

2. Data Terbatas

Sementara perusahaan cetak sesuai permintaan ini menangani penjualan untuk Anda, mereka mengikuti pasar dengan cermat dan menangkap informasi pembeli, sehingga mereka dapat memasarkan kepada mereka lagi dan mudah-mudahan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Karena Anda menjual di situs mereka, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang menyukai pekerjaan Anda dan membelinya. Anda tidak akan mendapatkan informasi mereka sehingga Anda dapat menghasilkan lebih banyak penjualan kecuali mereka entah bagaimana menjangkau Anda.

Anda mungkin juga kehilangan kesempatan untuk menampilkan merek Anda. Kemungkinannya adalah, perusahaan POD besar mengemas dan mengirimkan produk dengan logo mereka terlampir, bukan milik Anda. 

Jadi, meskipun mungkin bermanfaat bagi Anda bahwa mereka memfasilitasi penjualan dan pengiriman produk, penting untuk mengetahui batasan layanan juga.

3. Kualitas dan jenis produk

Saat Anda membuat karya seni, desain, dan produk Anda, pastikan layanan cetak sesuai permintaan yang Anda investasikan memiliki kualitas sebagai prioritas. Beberapa perusahaan cetak sesuai permintaan peduli dengan hasil dan dalam prosesnya, kualitasnya hilang. Ini dapat berdampak buruk pada bisnis seni Anda dan memengaruhi penjualan Anda.

Lakukan riset untuk melihat perusahaan mana yang memiliki kualitas pencetakan tertinggi. Periksa juga kualitas situs web dan departemen layanan pelanggan mereka. 

Di sisi lain, jika Anda seorang penjual yang mencari produk yang sangat disesuaikan dan spesifik untuk dijual, beberapa perusahaan cetak sesuai permintaan mungkin tidak memiliki pilihan untuk Anda. Pakaian atau merchandise mainstream seperti T-shirt dll tidak akan menjadi masalah karena mereka adalah produk umum. 

Namun, jika Anda ingin menjual, misalnya, produk hanya dari kain tertentu, maka Anda mungkin akan kesulitan untuk menjual melalui layanan print on demand.

4. Anda bergantung pada mitra pencetakan Anda untuk produk dan ketersediaannya.

Perusahaan POD bekerja dengan pemasok yang berbeda untuk mendapatkan produk atau bahan produk, misalnya kain. Ini berarti ada banyak bagian yang bergerak, dan terkadang produk mungkin kehabisan stok atau tidak tersedia. 

5. Pemenuhan pesanan membutuhkan waktu lebih lama.

Karena setiap produk dicetak sesuai permintaan, dibutuhkan waktu lebih lama untuk memenuhi pesanan daripada jika produk Anda sudah tersedia dalam stok. Meskipun ini mungkin bukan penipu bagi perancang, ini mungkin penipu bagi pelanggan yang memesan produk Anda. 

 

 

… penting untuk dipahami bahwa ada tantangan dengan kemudahan yang ditawarkan layanan cetak sesuai permintaan. Namun, pemahaman dan evaluasi yang lebih mendalam tentang elemen penting perusahaan POD seperti kualitas produk, waktu pengiriman, persentase keuntungan Anda dari penjualan, dll, dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk bisnis karya seni Anda. 

 

 

terjemahan bebas dari https://designshifu.com/top-5-pros-and-cons-of-print-on-demand/

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved